Mengenai Kami

Kami adalah kami ... dengan segala kekurangan yang menjadi kekuatan kami ... kami berempat mahasiswa D4 ITB dan D3 Amik Wahana Mandiri kerjasama SEAMOLEC yang bersama melalui setiap tantangan dalam perkuliahan kami dan kami percaya akan menyelesaikannya dengan baik, Amin ....

Selasa, 08 November 2011

Skype Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Apa itu Skype
Skype adalah sebuah software aplikasi komunikasi suara berbasis internet yang ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennstrom dan Janus Firiis. Pengguna Skype saat ini sudah mencapai 521 juta di seluruh belahan dunia. Bahkan Skype saat ini telah bekerjasama dengan Facebook yang sekarang telah menjadi jejaring sosial paling populer. 

Fiture fiture Skype
1. Calling Feature
-  Skype to Skype
Fitur ini berfungsi untuk melakukan panggilan suara antar pengguna Skype kapanpun dan dimanapun mereka berada dengan tanpa dipungut biaya (gratis).
-  Skype to Phone or Mobile
Fitur ini berfungsi untuk melakukan panggilan suara dari Skype ke telepon rumah atau telepon genggam dengan tarif panggilan yang rendah, bahkan untuk panggilan internasional sekalipun.
-  Online Number
Sebuah fitur dari Skype yang memungkinkan seseorang  menghubungi keluarga atau kolega-koleganya melalui telopon atau handphone, kemudian mereka  menjawab melalui Skype.
-  Voicemail
Fitur ini memungkinkan seseorang untuk dapat meninggalkan pesan suara kepada pengguna Skype lain   yang sedang dalam kondisi offline. Kemudian pesan suara tersebut akan bisa didengarkan oleh pengguna Skype tujuan ketika sudah dalam kondisi online.
-   Conference Call
Fitur ini berfungsi untuk melakukan panggilan suara secara bersamaan dalam satu waktu tanpa dipungut biaya (gratis).Sebelum melakukan Conference Calls, para pengguna yang akan memanfaatkan fitur ini terlebih dahulu harus dibuat groupnya terlebih dahulu kemudian baru dapat dilakukan panggilan group.
-  Skype To Go Number
Sebuah fitur dari Skype yang memungkinkan seseorang melakukan panggilan Internasional kepada keluarga atau kolega - koleganya melalui telepon atau handphone dengan tarif rendah Skype.
-  Call Forwarding
Fitur ini berfungsi untuk meneruskan panggilan ke telepon rumah atau telepon genggam ketika ada rekan atau kolega menghubungi kita melalui Skype tapi kita dalam keadaan ofline.
-   Caller 
Fitur ini berfungsi untuk memberi identitas  kepada para pengguna Skype ketika sedang melakukan panggilan ke telepon rumah ataupun telepon genggam. Tanpa adanya Caller Identification maka panggilan  akan di identifikasi sebagai Un-known Number.
 -  Call Transfer
Dengan fitur ini, pengguna Skype bisa mengarahkan panggilan kepada pengguna lain yang dituju secara gratis atau mengarahkan panggilan ke banyak pengguna Skype  dengan tarif yang murah.

2. Video Feature
- Video Calling
Fitur ini berfungsi untuk melakukan panggillan video antar pengguna Skype kapanpun dan dimanapun mereka berada dengan tanpa dipungut biaya (gratis).
- Group Video
Fitur ini berfungsi untuk melakukan panggilan video bersama dalam satu waktu, tapi untuk fitur ini Skype tidak menyediakan secara gratis. Skype hanya menyediakan secara gratis dalam bentuk trial selama 7 hari.
- Screen Sharing
Fitur ini dapat digunakan untuk berbagi foto atau apapun yang anda tampilkan pada screen komputer/laptop Anda kepada para pengguna lain tanpa harus mengirimnya kepada mereka.  
- Instan messaging
Dengan fitur ini para pengguna Skype dapat  mengirim pesan instan kepada penguna Skype lainnya, selain itu mereka juga bisa membuat Instant Message (IM) Conversation dengan menambahkan mereka dalam satu grup.
-  Send File
Dengan fitur ini para pengguna Skype dapat saling mengirim file secara gratis baik dalam bentuk dokumen, foto atau presentasi dalam berbagai ukuran file.
-  Text Messaging
Dengan fitur ini para pengguna Skype dapat mengirim text SMS dari Skype ke handphon dengan tarif yang murah, bahkan ke nomor luar negeri sekalipun.


3. Adding Feature
-  Connecting to facebook
Dengan fitur ini akun Skype Anda akan dapat terhubung dengan akun pada Facebook Anda, sehingga ini akan lebih memudahkan anda dalam berkomunikasi dan bertukar pengalaman dengan rekan atau kolega Anda. 



Skype Sebagai Solusi Komunikasi Dalam Pengajaran Jarak Jauh

Penyampaian presentasi secara langsung dengan menggunakan komunikasi suara dan video
Skype dapat digunakan untuk melakukan penyampaian presentasi secara langsung dengan menggunakan komunikasi suara dan video, sehingga yang tampil di ruang kelas jauh tidak sekedar presentasi visual saja, tetapi dilengkapi dengan suara dan video dari dosen yang ada di lokasi yang lain, sepertiterlihatpadagambarberikut:
Namun jika skenario yang digunakan adalah komunikasi multipoint dimana ada satu pengirim pesan dengan banyak tempat yang menerima pesan (seperti terlihat pada gambar di samping), maka metode komunikasi yang dapat dilakukan via Skype hanya dengan suara saja (audio call), seperti terlihat pada gambar berikut:
Pada dasarnya kuliah menggunakan media seperti Skype merupakan keterpaduan antara tayangan yang baik dan suara yang menjelaskan tayangan tersebut. Jika tayangan cukup memadai dan suara dosen bisa didengar serta mampu menjelaskan dengan baik, seringkali bahasa tubuh atau gerakan dosen tidak terlalu dipentingkan. Dengan kata lain, pesan atau isi kuliah bisa saja dipahami jika peserta kuliah dapat melihat tayangan dengan jelas dan mendengar penjelasan dari dosen pada saat yang sama. 

Dengan asumsi di atas, kuliah bisa dilakukan dengan Skype yang menjamin suara dosen akan didengar oleh mahasiswa. Persoalannya kemudian adalah bagaimana agar tayangan kuliah juga dapat dilihat , sistem kerja dari proses di atas dapat di implementasikan pada gambar berikut :


0 komentar:

Posting Komentar